Advertisements

Ranking 12 Film Marvel Cinematic Universe

Ranking 12 Film Marvel Cinematic Universe
Ant-man, image via marvelcinematicuniverse.wikia.com

Dengan rilisnya Ant-man maka berakhir pula Marvel Cinematic Universe fase 2. Terdapat 12 film yang menampilkan 9 film individual superheroes dan 3 film group superheroes yang telah menembus Box Office di seluruh dunia. Melihat dari performa dari masing-masing film yang telah dirilis, kami menyusun kelesuruhan film dalam Marvel Cinematic Universe (MCU) fase 2 ke dalam ranking. Tentunya ranking ini berdasarkan subjektifitas kami dengan melihat jalan cerita, kualitas akting, special effect, hingga soundtrack yang digunakan film-film dalam MCU fase 2 ini. Berikut ranking film MCU fase 2 tersebut.

 

1. Guardians Of The Galaxy

Tentu saja film ini menempati posisi pertama. Sebelum film ini dirilis, seberapa banyak diantara kalian yang mengenal Guardians of the Galaxy? Membawa grup yang berisikan bandit-bandit kurang terkenal ke layar lebar adalah pertaruhan besar bagi Marvel, namun dengan jalan cerita yang apik, kualitas akting yang sangat baik khususnya Chris Pratt yang sukses membawakan karakter Starlord, serta soundtrack-soundtrack oldies super keren yang bahkan baru kami sadari ada karena keberadaan film ini, film ini kami nobatkan sebagai film Marvel terbaik dalam MCU fase 2.

 

2. Captain America : The Winter Soldier

Sebagai sekuel, Film  ini memiliki kualitas yang bagi kami jauh lebih baik dibandingkan Captain America : The First Avenger. Melibatkan villain yang lebih tangguh, jalan cerita yang lebih kompleks meskipun minus agent Carter yang sebenarnya menjadi daya tarik utama bagi kami. Winter Soldier sebagai main villain di film ini  lebih greget dan lebih menakutkan dibandingkan dengan Red Skull pada film The First Avenger. Maaf Black Widow, kami lebih memilih Agent Carter.

 

3. Ant-Man


Tidak salah bila ada yang mengatakan Ant-Man itu seperti Iron Man yang diperankan oleh Starlord. Scott Lang yang punya selera humor seperti Starlord namun dengan dukungan suit yang tidak kalah canggihnya buatan Hank Pym. Seperti halnya Guardians Of The Galaxy, Ant-Man bukan super hero yang populer seperti Captain America, Thor, Iron Man maupun Hulk. Namun film ini memiliki kualitas cerita yang sangat baik dan selipan humor yang tidak terkesan garing (seperti pada The Avengers) yang mampu membuatnya menjadi populer dan bersaing dengan anggota avengers lainnya. Jangan meremehkan konsep superhero yang satu ini dengan memandang sebelah mata kekuatan dia ketika menjadi seukuran semut. Meski seukuran semut, namun kekuatannya melebihi kekuatan manusia normal. Pesan moral film ini? Bersatu kita teguh bercerai kita runtuh!

 

4. The Avengers

The Avengers bukanlah film layar lebar pertama yang menampilkan  pahlawan super yang bergabung menjadi satu melawan musuh yang sama. Sebelum The Avengers, bila kalian masih ingat, adalah film The League of Extraordinary Gentlemen yang menjadi pendahulu sebagai  film  tentang sekumpulan superhero dengan musuh yang sama. Namun melihat Iron Man, Captain America, Thor, Hulk hingga Black Widow berada dalam satu frame dan saling bekerja sama melawan musuh yang sama untuk pertama kalinya tentu menjadi cerita yang berbeda bila dibandingkan dengan The League of Extraordinary Gentlemen yang anggotanya tidak begitu terkenal  dan justru butuh film bersama untuk mendongkrak popularitasnya.  Membawa karakter yang sudah populer ke dalam satu frame untuk pertama kalinya bukan sesuatu yang mudah dan Film The Avengers sudah mampu melewati fase sulit tersebut, oleh karenanya film ini kami tempatkan di posisi ke-4.

 

5. Iron-Man


Iron Man bagi kami adalah awal dari kejayaan Marvel di layar lebar meskipun bukan sebagai film pertama dalam MCU.

 

6. Avengers: Age of Ultron

Sangat disayangkan film dengan promo yang sangat gencar dan masif ini tidak se-wow apa yang dijanjikan. Ultron bila mengacu pada komik yang ada adalah musuh yang sangat sulit untuk ditaklukan oleh The Avengers dan saking sulitnya butuh perjalanan antar waktu untuk menghentikan android ini sebelum ia sempat diciptakan. Namun sayangnya justru hal tersebut bertolak belakang dalam film Age of Ultron. Ultron tidak terlihat menakutkan, bahkan sentinel dalam X-Men : Days of The Future Past jauh lebih mengerikan ketimbang Ultron. Keberadaan Scarlet Witch, Quick Silver dan tentu saja The Vision memberikan pertolongan yang cukup untuk membawa film ini ke urutan no. 6

 

7. Ironman 3

Iron Man 3 mendapatkan rating 7,3 di IMDb dan memang sesuai dengan apa yang ditawarkan oleh film ini. Hal yang sangat disayangkan dalam film ini adalah tokoh Mandarin yang ternyata tidak lebih dari sekadar boneka dari musuh yang sesungguhnya. Padahal dalam komiknya sendiri, Mandarin adalah salah satu musuh terkuat Iron Man. Kami tempatkan di posisi 7 karena Iron Man 3 memanjakan mata lewat show off Iron Patriot serta keseluruhan Iron Suit  yang dimiliki Tony Stark.

 

8. Thor

Thor, film yang justru membuat  penonton lebih mengidolakan Loki (Tom Hiddleston) dibandingkan Thor (Chris Hemsworth) sendiri. Bad guy actually hotter than the good one. Laga-laga yang ditawarkan film rilisan tahun 2011 ini cukup untuk melawan bosan atau melewatkan waktu luang seorang diri.

 

9. Thor: The Dark World

Hal yang paling menarik dari sekuel Thor ini adalah keberadaan salah satu dari Infinity Stone, yaitu aether the reality gem, membuat film ini menjadi salah satu link penting dalam MCU. Peringkat ke 9 cukuplah untuk film ini

10. Captain America: The First Avenger

Sebagai salah satu tokoh penting dalam MCU, film pertama Captain America ini justru tidak memberikan kesan yang mampu membekas di dalam ingatan. Alur cerita tentang sejarah terlahirnya seorang super soldier Captain America sudah tergambarkan dengan baik di dalam film ini. Sayangnya konflik yang ada di dalamnya tidak begitu kuat untuk membentuk ikon seorang pahlawan super, khususnya villain Red Skull yang masih kurang porsi tayang dan eksplorasi karakter.  Maaf Cap, anda hanya berada di posisi 10.

 

11. The Incredible Hulk

Edward Norton bukan aktor sembarangan, aktingnya di film Fight Club membuktikan kualitas yang ia miliki sebagai seorang aktor. Namun, peran sebagai Bruce Banner memang tidaklah sesuai untuk dirinya. Masih sulit untuk bisa menerima seorang Edward Norton memerankan ilmuwan yang mampu bermutasi menjadi raksasa hijau.

 

12. Ironman 2

Oh benda bersinar di dada Iron Man kini berbentuk segitiga akhirnya, nampak lebih keren. Apa lagi yang keren?


Secara keseluruhan Marvel dengan materinya saat ini akan sangat berat dalam berkompetisi dengan DCEU (DC Extended Universe). Mari berharap pada Captain America : Civil War  bisa meredam amukan Batman V Superman Dawn of Justice dan Suicide Squad yang akan dirilis pada tahun yang sama 2016.

Advertisements

Komentar