Advertisements

Kuliner Istimewa Harga Kaki Lima di Bali

5 Kuliner Murah di Bali

Kali ini saya akan membahas wisata kuliner di pulau Bali khusus bagi kalian yang ingin mencicipi masakan dengan rasa istimewa tetapi dengan harga kaki lima. Wisata kuliner di pulau Bali terutama di kawasan Bali Selatan saat ini sudah tak terhitung lagi jumlahnya (sepertinya). Namun dari sekian banyak wisata kuliner itu, tempat yang menyajikan masakan istimewa dengan harga yang masuk akal (oke, harga wisatawan domestik dan penduduk lokal) masih belum banyak yang tereksplorasi. Nah, berikut akan saya ulas beberapa lokasi wisata kuliner yang bisa jadi alternative buat kalian yang ingin makan enak tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.

1. Warung Nasi Odah Oriflame

Saya sendiri tidak tahu persis nama warung milik seorang nenek (Odah) yang lokasinya di belakang Banjar Sumawang, Sanur. Nama Odah Oriflame ini saya berikan karena ketika pertama kali saya mengunjungi warungnya, Odah sepertinya menggunakan salah satu parfum oriflamme yang pernah teman saya pakai. Odah menjajakan nasi campur, bubur dan aneka panganan ringan untuk konsumsi di pagi hari. Nasi campur yang dijajakan oleh Odah ini tergolong istimewa karena berisikan be nyuh (ayam suir dengan kuah santan dan kelapa parut), sate lilit dan sambal bawang goring. Be nyuh ini adalah salah satu masakan favorit saya, dan sepertinya adalah masakan khas warga Denpasar. Satu porsi nasi campur ini dijual dengan harga kisaran Rp 11.000 rupiah. Warung Odah Oriflamme ini bukan warung seperti pada umumnya. Tempat makan yang disediakan sangat terbatas karena berada persis di atas trotoar. Nasi Odah Oriflame dijajakan mulai pagi hari dan sangat cocok disantap di akhir pekan setelah gowes di seputaran sanur.

2. Nasi Yan Negro

5 Kuliner Murah di Bali: Nasi Lawar Yan Negro
pic via wanggakharisnu.com
5 Kuliner Murah di Bali: Nasi Lawar Yan Negro
pic via foursquare.com

Warung Yan Negro berlokasi di seputaran Banjar Gerenceng tepatnya jalan Sutomo Gg.1. Denpasar. Masakan yang dijajakan tidak jauh berbeda dengan warung Nasi Odah Oriflame di atas, hanya saja warung Yan Negro khusus Pork (:p). Lokasi warung Yan Negro berada di dalam kawasan permukiman lama Banjar Gerenceng yang hanya bisa dijangkau dengan kendaraan roda 2. Harga yang ditawarkan mulai Rp 20.000 satu porsinya, lengkap dengan kuah sayur nangka dan balungan Babi.

3. Nasi Jinggo Setiabudi

5 Kuliner Murah di Bali: Nasi Jinggo Setiabudi
pic via foursqare.com

Sepanjang Jalan Setiabudi Denpasar ada banyak penjual nasi jinggo yang bisa kita temui. Nasi jinggo adalah panganan khas Bali yang terdiri dari nasi sekepal dengan sambal pedas, ayam suir bumbu, mie, dan saur/serundeng, terkadang juga berisi telor rebus atau irisan daging sapi/babi, tergantung selera. Nasi jinggo yang paling istimewa menurut saya ya yang berada di sebelah utara Pet Shop, atau yang paling rame dibandingkan nasi jinggo lainnya. Rasaya yang super pedas dengan komposisi daging yang pas membuat siapa saja akan mudah untuk ketagihan, terutama yang sangat menggemari masakan pedas. Satu bungkus nasi jingo ini dijual dengan harga Rp.3 000.

4. Rumah Makan Khas Mujair Pak Bagong

5 Kuliner Murah di Bali: RM Pak Bagong Khas Mujair
pic via foursquare.com
5 Kuliner Murah di Bali: RM Pak Bagong Khas Mujair
pic via pulangsubuh.wordpress.com

Kita pindah lokasi dariĀ  Denpasar ke Kota Bangli. Salah satu lokasi wisata kuliner di Kota Bangli yang cukup terkenal adalah Rumah Makan Pak Bagong. Rumah makan ini menawarkan menu utama Be Mujari Menyat-nyat. Menyat-nyat adalah istilah penyajian mujair yaitu dengan bumbu rempah-rempah layaknya Ayam Betutu. Jangan lupa untuk mencicipi Loloh Cemceman khas Bangli sebagai teman menyantap Mujair Pak Bagong. Satu porsi Mujair dijual dengan harga Rp 30.000.

5. Rumah Makan Nasi Be Guling Gianyar

Maafkan kalau lagi-lagi saya lupa dengan nama tempat wisata kuliner ini. Saya hanya ingat rasa bukan nama (halah). Lokasi rumah makan nasi be guling gianyar di berada di depan Pasar Kota Gianyar. Sangat mudah untuk dicapai dari kota Denpasar (45 menit berkendara). Harga satu porsi mulai Rp 25.000. Jangan lupa kalau untuk urusan Be Guling, Gianyar adalah tempat yang paling tepat untuk berwisata.

 

Oke cukup sekian dulu informasi yang bisa saya bagi untuk kalian. Saya yakin ada diantara kalian yang sudah pernah mencicipi kuliner-kuliner di atas dan saya yakin kalian akan setuju dengan selera saya di atas. Artikel ini mungkin akan saya sambung ketika saya sudah memiliki banyak pengalaman dan amunisi lain untuk wisata kuliner di Bali.

Advertisements

Komentar