Advertisements

Hooked on a Feeling

awesome mix vol 1
Awesome Mix vol 1

Salah satu kelebihan dari film Guardians of The Galaxy adalah pada scores atau sound tracknya. Siapa yang menyangka kalau film sci-fi ini menggunakan lagu-lagu retro tahun 70an.  Tapi kalian semua pasti setuju kalau scores GoTG (singkat saja ya) tidak kalah bagus dengan filmnya. Keseluruhan Scores, yang diramu ke dalam sebuah album : Awesome Mix Vol.1,  terdiri dari 12 lagu retro di mana terdapat 1 lagu yang tidak ikut ditayangkan di dalam film yaitu Spirit In The Sky yang dibawakan oleh Norman Greenbaum. Berikut adalah daftar keseluruhan lagu:

  1. “Hooked on a Feeling” Blue Swede
  2.  “Go All the Way” Raspberries
  3. “Spirit in the Sky” Norman Greenbaum
  4. “Moonage Daydream”  David Bowie
  5. “Fooled Around and Fell in Love”  Elvin Bishop
  6. “I’m Not in Love” 10cc
  7. “I Want You Back”  Jackson 5
  8. “Come and Get Your Love”  Redbone
  9. “Cherry Bomb”  The Runaways
  10. “Escape (The Piña Colada Song)”  Rupert Holmes
  11. “O-O-H Child” The Five Stairsteps
  12. “Ain’t No Mountain High Enough”  Marvin Gaye and Tammi Terrell

Kenapa memilih retro?, nah begini jawab James Gunn sang sutradara, seperti yang saya kutip dari situs marvel

 “One of the main story points in the movie is that Quill has this compilation tape [Awesome Mix Vol. 1] that he got from his mother before she died that she made for him. It was of songs that she loved, all songs from the 1970s, and that’s the only thing he has left of his mother and that’s the only thing he has left of his home on Earth. He uses that as a connection to his past and to the sadness that he feels of having left all that and lost all that.”

Pernyataan Gunn di atas membuat saya sedikit mengangkat alis. Saya sendiri pun sempat lupa kalau Peter Quill adalah manusia bumi juga seperti kita (meskipun akhirnya kita tahu kalau dia peranakan antara manusia dengan alien). Sederhana saja alasannya karena lagu-lagu itu adalah benda kenangan terakhir yang bisa mengingatkan Quill dengan rumahnya dan ibunya.

Lagu yang paling populer diantara keseluruhan track list diatas tentu saja Hooked on a feeling yang dibawakan oleh Blue Swede. Bahkan lagu ini mengalahkan kepopuleran  single milik Redbone  “Come and Get Your Love” yang diplot sebagai lagu pembuka GoTG.  Ada banyak cerita menarik di balik lagu Hooked On A Feeling, salah satunya adalah lagu ini merupakan cover version.  Hooked On A Feeling pertama kali diperkenalkan ke publik oleh B.J Thomas tahun 1968.  Lagu ini sendiri diciptakan oleh Mark James, orang yang sama yang berada di balik kesuksesan lagu  Brenda Lee dan Elvis Presley.

http://www.youtube.com/watch?v=ZIIatdfg99k

Versi awal dari lagu Hooked On A Feeling tidak menyertakan “Ooga-chaka” chant sebagai pembuka. Chant “Ooga-Chaka” baru muncul tahun 1971 ketika Jonathan King, seorang penyanyi dan penulis lagu dari Inggris, memproduseri versinya sendiri. Hooked On A Feeling versi Jonathan King ini akhirnya mencapai tangga 23 di UK. Jujur saja antara versi B.J Thomas dengan versi Blue Swede memiliki ambience yang sangat-sangat berbeda. Bagi kamu penggemar lagu romantis, versi B.J. Thomas jadi pilihan yang tepat, tapi kalau ingin  lebih menonjolkan nuansa retro tapi mampu membuatmu  berdansa maka versi Blue Swede adalah jawabannya.

http://www.youtube.com/watch?v=WG3A69CnjoY

Cover version terbaik dari Hooked On A Feeling memang masih dipegang oleh Blue Swede yang pertama kali diluncurkan tahun 1974. Interpretasi chant “Ooga-Chaka” dari versi Jonathan King ini menempati puncak Billboard’s Hot 100 kala itu. Mengingat kembali ketika pertama kali mendengarkan cover version Blue Swede ini, James mengatakan kepada pemilik rekaman :

This is a fun record and it’s well-made. It’s a hit.’ I said, ‘How big is this? I don’t know, but I’d buy it.'”

Lagu Hooked On A Feeling bukan kali ini saja pernah menjadi scores film. Film Reservoirs Dog tahun 1992 juga menggunakan lagu ini sebagai salah satu scoresnya.

referensi :

Wikipedia , Marvel, Spin, Billboard

Advertisements

Komentar