Advertisements

Celana Chino dan Khaki, Ini Perbedaannya

Celana Chino

celana chino
Mogul, celana chino dari Star Invasion, tersedia di @idiomgarage

Kita sering mendengar pertanyaan perbedaan celana Chino dan celana Khaki. Sekilas memang terlihat sama, apa memang sama? Jawaban tepatnya adalah sama.

Harus kita luruskan adalah Chino adalah nama lain untuk bahan twill. Nama Chino berasal dari kata chinese dimana twill yang diproduksi di negara RRC pada jaman dahulu kala cenderung berwarna turunan coklat. Dalam perkembangannya orang selalu menyebut kain twill yang berwarna turunan coklat tersebut menjadi Chino.

Bagaimana dengan khaki? Khaki atau khakis adalah nama sebuah warna turunan coklat – campuran kuning dan coklat muda lebih tepatnya. Jadi dapat kita simpulkan chino itu adalah nama bahan dan khaki itu adalah nama warna.

Khaki sendiri tidak terbatas hanya terdapat pada bahan twill, bahan denim pun terkadang dapat dicelup hingga mendapatkan warna khaki. Warna khaki sendiri banyak dipakai di kalangan militer. Hal ini tidak terlepas dari sejarahbahwa warna khaki yang diaplikasikan pada bahan pakaian.

Pada tahun 90-an pusat perbelanjaan di Indonesia jarang menyebut celana Chino, mereka lebih cenderung menyebut celana Chino sebagai khakis. Hal ini yang membuat misspersepsi bahwa celana Chino dan celana Khakis berbeda.

[via celanachinos.net]

Advertisements

Komentar